Keterampilan Menulis Praktis : Pengertian Menulis Praktis, Indikator Keterampilan Menulis, Evaluasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis


Keterampilan Menulis Praktis


Pengertian :
a. Menulis
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001: 968) menulis adalah melahirkan pikiran atau perasaan. Nurgiyantoro(2001: 298) menyatakan bahwa menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Menurut Tarigan (1986: 21) menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehingga orang-orang dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut. Menulis merupakan kegiatan berbahasa yang bersifat aktif dan produktif. Menulis juga merupakan kegiatan yang menuntut adanya kegiatan encoding, yaitu kegiatan untuk menghasilkan atau menyampaikan bahasa kepada pihak lain melalui bahasa. Kegiatan berbahasa yang produktif adalah kegiatan menyampaikan gagasan, pikiran, atau perasaan oleh pihak penutur, dalam hal ini penulis harus memanfaatkan grafologi, struktur bahasa dan kosakata melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur. Aktivitas menulis merupakan salah satu manisfestasi keterampilan berbahasa paling akhir yang dikuasai pembelajar bahasa setelah mendengarkan, membaca dan berbicara (Nurgiyantoro, 2001: 296). Selanjutnya, Nurgiyantoro juga menyatakan jika dibandingkan dengan keterampilan berbahasa yang lain, keterampilan menulis lebih sulit dikuasai oleh pembelajar bahasa. Hal tersebut karena, keterampilan 10 berbahasa menghendaki penguasaan berbagai aspek lain diluar bahasa untuk menghasilkan karangan yang padu dan utuh.Dari beberapa definisi menulis di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kegiatan mentranformasikan pikiran atau gagasan menjadi simbol-simbol yang dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain.
b. Keterampilan Menulis.
1) Menurut Ahmad Rofi’udin (1998: 263) menyatakan keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa produktif lisan melibatkan aspek, yaitu:
a) Penggunaan ejaan
b) Kemampuan menggunakan diksi/kosakata
c) Kemampuan menggunakan kalimat
d) Penggunaan jenis komposisi (gaya penulisan, penentuan ide, pengolahan ide, dan pengorganisasian ide).
2) Menurut Suparno dan Mohammad Yunus (2002: 13) kemampuan menulis adalah suatu kemampuan dimana di dalamnya terdapat serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu:
a) Pra penulisan (persiapan)
b) Fase penulisan (pengembangan isi karangan)
c) Pasca penulisan (penyempurnaan tulisan).


Indikator Keterampilan Menulis
Secara lebih rinci Fachruddin (1988: 8) menyatakan ciri-ciri karangan yang baik, yaitu bermakna, jelas, bulat atatu utuh, ekonomis, dan memenuhi kaidah-kaidah gramatikal.
a. Bermakna
Karangan yang baik harus mampu menyatakan sesuatu yang mempunyai makna bagi seseorang dan memberikan bukti terhadap apa yang dikatakannya itu dan harus meninggalkan pesan bagi pembaca. Karangan yang tidak meninggalkan makna atau kesan akan cenderung sia-sia, meskipun karangan itu ditulis dengan baik dan benar. Untuk itu, penulis harus terlebih dahulu menganalis pembacanya dan membuat penilaian yang objektif pada tulisannya agar mendapatkan karangan menulis yang bermakna.
b. Jelas
Karangan dapat dikatakan jelas jika karangan itu mudah dipahami maknanya dan tidak membuat bingung pembacanya. Jika karangan memiliki makna yang tidak jelas akan cenderung membuat tujuan penulis karangan tidak tersampaikan kepada pembaca, dan bahkan dapat menimbulkan perbedaan persepsi antara pembaca dan penulis.
c. Padu dan Utuh
Karangan dikatakan padu dan utuh jika tulisan itu terorganisir dengan jelas dan pembaca dapat memahami nya dengan mudah. Yang dimaksud terorganisis yaitu antara paragraf satu dengan yang lain saling berhubungan satu sama lain dan tidak melompat-lompat. Jika karangan tidak padu dan utuh malah akan membuat pembaca tersesat, karena banyak nya kalimat atau paragraph yang tidak relevan.
d. Ekonomis
Dikatakan ekonomis jika kalimat-kalimat di dalamnya banyak menggunakan kalimat efektif. Karangan yang tidak ekonomis akan cenderung membuat waktu pembaca hilang terbuang sia-sia.
e. Mengikuti Kaidah Gramatika
Karangan yang mengikuti kaidah gramatika adalah tulisan yang di dalamnya menggunakan kata-kata baku yang sesuai dengan EYD dan pemakaian Bahasa baku akan memudahkan pembaca dalam memahami isi tulisan.


Evaluasi dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis
Nurgiyantoro (2010: 422-423) menyatakan keterampilan atau kemampuan menulis dapat dinilai dengan jalan tes. Pada umumnya aktifitas penulis dalam menghasilkan bahasa tidak semata-mata hanya bertujuan demi produktifitas bahasa itu sendiri, melainkan karena ada suatu hal yang yang ingin dikomunikasikan lewat Bahasa dan bagaimana mengungkapkan gagasan dengan mempergunakan sarana bahasa tulis yang tepat. Penilaian suatu karangan dapat dilakukan secara holistic atau analitis.

Penilaian holistik dimaksudkan sebagai cara penilaian hasil karangan yang bersifat menyeluruh dan sekaligus tanpa dirinci ke dalam komponen pendukungnya. Artinya, menilai sebuah karangan hasil peserta didik secara keseluruhan dai awal hingga akhir,dan setelah selesai diberi skor. (Nurgiyantoro, 2010: 443)
Penilaian analitis adalah penilaian hasil karangan perserta didik berdasarkan komponen pendukungnya, tiap komponen diberi skor. Tiap komponen diberi skor secara tersendiridn skor keseluruhan diperoleh dengan jumlah komponen-komponen skor tersebut (Nurgiyantoro, 2010: 444).
Menurut Nurgiyantoro, Penilaian yang dilakukan terhadap karangan hendaknya bersifat analitis, kemudian beliau juga memaparkan model analisis unsur karangan meliputi:
a. isi gagasan yang dikemukakan
b. organisasi isi
c. tata bahasa
d. gaya: pilihan struktur dan kosakata
e. ejaan dan tata tulis.

Tujuan Menulis
Berikut beberapa pendapat mengenai tujuan menulis:
a. Menurut Sujanto (1988: 68) secara garis besar tujuan menulis adalah mengekspresikan perasaan, memberi informasi, mempengaruhi pembaca dan memberi hiburan. Dalam satu tulisan, tidak menutup kemungkinan memiliki lebih dari satu tujuan, misalnya saja seorang penulis ingin memberikan informasi sekaligus ingin mempengaruhi pembaca
b. Menurut Syafie’ie (1988: 52-52) menyatakan tujuan menulis sebagai berikut.
1) Mengubah keyakinan pembaca.
2) Menanamkan suatu pemahaman kepada pembaca.
3) Merangsang proses berpikir pembaca.
4) Menyenangkan dan menghibur pembaca.
5) Memberitahu pembaca.
6) Memotivasi pembaca.
c. Hugo Harting (Tarigan, 1994: 24-25) mengklasifikasikan beberapa tujuan penulisan, adalah sebagai berikut.
1) Tujuan penugasan (assigment purpose).
Tujuan penugasan ini berarti menulis tidak memiliki tujuan sama sekali. Penulis menulis karena ditugaskan, bukan atas kemauannya sendiri.
2) Tujuan altruistik (aluistric purpose).
Penulis bertujuan untuk menyenangkan pembaca, dengan menghindarkan kedukaan pembaca. Penulis ingin menolong pembaca memahami, menghargai perasaan dan penalarannya, penulis ingin membuat hidup pembaca lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya.
3) Tujuan persuasi (persuasive purpose).
Tujuan penulis adalah meyakinkan pembaca akan kebenaran gagasan yang diutarakan.
4) Tujuan Informasi (informational purpose).
Tujuan penulis adalah memberikan informasi atau keterangan penerangan kepada para pembaca.
5) Tujan penyataan diri (self-ekspresive purpose) Tujuan penulis adalah menyatakan atau memperkenalkan diri kepada pembaca.
6) Tujuan kreatif (creative purpose). Tujuan penulis adalah mencapai nilai-nilai artistik dan nilai-nilai kesenian.
7) Tujuan pemecahan masalah (problem solving purpose).
Tujuan penulis adalah memecahkan permasalahan. Penulis ingin menjelaskan, menjernihkan, menjelajahi, serta meneliti secara cermat pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan penulis sendiri agar dapat dimengerti dan diterima oleh pembaca.

Manfaat Menulis

Menulis merupakan kegiatan yang produktif. Berikut beberapa pendapat mengenai manfaat menulis:

a. Suparno dan Mohamad Yunus (2007: 1.4) menyatakan beberapa manfaat menulis sebagai berikut.

1) Peningkatan kecerdasan.

2) Pengembangan insiatif dan kreativitas.

3) Penumbuhan keberanian.

4) Pendorong kemauan dan keterampilan mengumpulkan informasi.

b. Hairston (Nursisto, 1999: 8) juga mamaparkan beberapa manfaat menulis sebagai berikut.

1) Sarana untuk menemukan sesuatu.

2) Memunculkan ide baru.

3) Melatih keterampilan mengorganisasi dan menjernihkan sebagai konsep atau ide.

4) Melatih sikap objektif pada diri seseorang.

5) Membantu meyerap dan memproses informasi.

6) Melatih untuk berpikir aktif.

c. Pennebaker & Janet Seager (niahidayati.net) juga mamaparkan beberapa manfaat menulis sebagai berikut.

1) Bermanfaat bagi kesehatan mental anak

2) Menjadi tempat penyalur perasaan dan pendapat yang jika disimpan akan berdampak negatif bagi tubuh dan pikiran secara fisik dan mental.

3) Menunjang kegiatan pembelajan lain seperti membuat ikhtisar, mencatat pelajaran, menulis laporan, menulis surat, menulis rancangan kegiatan, menulis karya ilmiah dan membuat karangan.

Cara menulis praktis

a. Memindahkan secara selektif

Apa yang ada dalam catatan, rekaman, maupun ingatan anda ke kertas kerja. Semua itu jadi bahan yang akan diramu sang penulis untuk menghasilkan karya yang diinginkan. Setiap materi yang berhasil dikumpulkan nantinya akan jadi pedoman untuk tulisan yang bermutu serta praktis tentunya.Penulis yang baik akan menggunakan bahan-bahan yang telah ia dapatkan secara bijak sesuai tempatnya, nantinya ia akan menyatukan hingga menghasilkan karya tulis yang luar biasa sesuai keinginan pembaca.

b. Membaca ulang sembari memperbaiki.

Kemampuan membaca secara berulang-ulang mampu mengetahui kesalahan ejaan dan kerancuan kalimat sehingga dapatkan tulisan ringkas yang diinginkan. Sering kali penulis pemula malas untuk mengedit atau membaca kembali tulisan yang telah ia posting.

Dalam hal lain, ada beberapa rumus judul yang diperhatikan dalam menulis praktis:

1) Judul harus berkaitan dengan isinya, sering kali berita saat ini tidak relevan dengan judul dan menipu pembaca dan sebaiknya Anda hindari.

2) Judul tidak boleh sensasional dan bombastis, sesuatu yang sensasional pasti memberikan pembaca rasa kejut saat membaca judulnya. Tapi itu tidak baik saat diketahui isinya hanya biasa-biasa saja dan tidak berfaedah. Boleh digunakan dengan isi yang bombastis pula agar pembaca terpuaskan dengan tulisan Anda.

3) Judul tidak boleh ada keterangan yang menegatifkan orang lain, judul yang baik ialah tidak menghakimi atau bahkan menjatuhkan orang lain. Namun bagaimana mengiring pembaca ke dalam tulisan dan mereka yang menilai sendiri bukan penulis.

4) Judul tidak mengandung unsur SARA, Masalah ini sering jadi alasan tulisan anda digugat karena mengandung masalah sensitif. Sebaiknya dihindarkan karena akan memicu kemarahan suatu pihak.

5) Judul harus menarik dan komunikatif, Pembaca pasti akan tertarik dengan judul yang menarik dan komunikatif. Ini mampu membuat minatnya beranjak dari membaca judul hingga ke bagian isi. Penulis dituntut untuk kreatif dalam menulis ide judul yang menarik dan pastinya ringkas.

6) Judul harus konkret dan bisa dipertanggungjawabkan, penulis harus punya tanggung jawab yang begitu besar atas tulisan yang berhasil dipublikasikan. Oleh karena itu dibutuhkan proses yang konkret sehingga tidak membingungkan dan keraguan orang lain.

c. Memberikan roh atau cahaya dalam tulisan itu

Seperti dalam filosofi di dalam karya Bill Kovach, Berilah sinar kepada orang lain, maka dia akan menentukan jalannya sendiri. Itulah mengapa tulisan yang mengandung roh seakan menghipnotis pembaca dari setiap bacaan yang dihadirkan.Karena dari tulisan juga menggambarkan gaya bahasa dari penulisnya, selain itu penulis mampu membaca pembaca pada setiap alur cerita yang ia bawakan. Ini sangat penting, karena pembaca seakan merasakan apa yang dirasakan oleh penulis. Bagi penulis kawakkan, ia mampu memberikan warna sendiri dari setiap tulisannya yang telah dikenali pembaca setianya. Bagi Anda yang masih mulai berlatih, jangan ragu untuk terus mencoba hingga bisa mencapai tahap tersebut asalkan konsisten.

Ada beberapa prinsip yang perlu ditanamkan dalam menulis yang baik di antaranya:

1) Menulis harus ringkas, andai Anda bisa menjelaskan dalam satu atau dua kata, untuk apa harus berpanjang-panjang. Pembaca sudah tahu maksud Anda, nantinya terkesan tulisan anda berbelit-belit.

2) Menulis konsep one paragraf one idea, setiap paragraf harus ada ide yang ingin disampaikan, jangan sampai ada pengulangan ide dan informasi. Cara ini mampu menghasilkan tulisan yang lengkap.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh 350 Jumlah Mufidah ( 1-50 )

Percakapan B. Arab Tema "اْلاِلْتِحَاقُ بِالْجَامِعَةِ" (Bergabung Di Universitas)